SETIAP HARI KITA HANYA MELAKUKAN DUA HAL SAJA

>> Baca Part 1 Mulai dari sini

SETIAP HARI KITA HANYA MELAKUKAN DUA HAL SAJA
Sudah lihat video satu menit di atas? Yaitu tentang rencana pemerintah Costa Rica melarang penggunaan plastik untuk pribadi dan rumah tangga.

Kampanye ini mulai diperkenalkan tahun 2018 dengan target pada 2021 nanti mencapai nol persen dalam menggunakan plastik. Luar biasa!

Negara kita juga punya masalah yang sama. Ibu Menteri Susi mengatakan, Indonesia penyumbang terbesar sampah plastik kedua di dunia. Data BPS menyebutkan setiap satu jam kita membuang 7300 ton sampah plastik. Bukan per hari loh, ini per jam! Bisa dihitung sendiri berapa juta ton dalam sebulan?

Oleh karena itu, mari mulai kesadaran dari diri sendiri. Masalah sampah plastik ini masalah kita bersama, maka kita masing-masing yang harus menjadi bagian dari solusi.

Saya teringat judul sebuah lagu jaz yang dimainkan oleh Joe Henderson yaitu,

If You're Not Part of the Solution, You're Part of the Problem.

(Kalau engkau bukan bagian dari solusi, maka engkau bagian dari masalah) 

Istri saya sudah memisahkan sampah organik dengan sampah plastik di dalam rumah. Saat berbelanja, ia pun suka membawa shopping bag sendiri yang bisa dipakai berulang-ulang.

Karena kita berprinsip, jika tidak ada usaha yang menjadi bagian dari solusi, berarti kita juga bagian dari masalah.

Al-Qur’an pun menerangkan bahwa perbuatan manusia hanya dua macam saja. Yaitu hasan (kebaikan) dan su' (keburukan). Mari kita simak surat Al-Isra ayat 7,

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ

"Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat buruk, maka (keburukan) itu bagi dirimu sendiri."

Jadi apapun perbuatan kita, jika bukan hasan sebagai solusi, maka pasti su' sebagai masalah.

Prinsip ini bukan hanya berlaku dalam hidup bernegara saja, melainkan juga dalam kehidupan pribadi. Kita semua ingin memperbaiki diri dan keluarga, lalu apa yang telah kita lakukan selama ini?

Apakah perbuatan itu menjadi bagian dari solusi dalam perbaikan keluarga kita? Kalau tidak, bisa jadi justru bagian dari masalah. Hati-hati!

Mengisi waktu luang dengan belajar dan menambah ilmu bisa membantu solusi. Sebaliknya, kebiasaan menunda dan membuang-buang waktu luang tanpa manfaat, bisa jadi menambah masalah. Hati-hati!

Oleh karena itu, jangan tunda lagi untuk memesan buku Hijrah Rezeki, karena banyak ilmu yang penting kita pelajari pada buku ini. Lagi pula, sayang sekali waktu luang kita yang seharusnya bisa dimanfaatkan membaca buku, harus terbuang sia-sia tanpa manfaat.

Segera kliktombol Whatsapp untuk mendapatkan harga obral,


Tetaplah belajar dan berilmu di manapun dan kepada siapapun. Karena tanpa menambah ilmu tidak akan bisa menjadi bagian dari solusi. Jangan-jangan justru bagian dari masalah.

Salam Hijrah.
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

Baca Juga Artikel Tentang Hijrah Rezeki Lainnya:



Order Hijrah Rezeki

Comments