SYUKUR FIRST!

>> Baca Part 1 Mulai dari sini

SYUKUR FIRST!SYUKUR FIRST!

Nabi Nuh belum sepenuhnya lepas dari cobaan ketika Beliau berhasil naik ke dalam bahtera bersama pengikutnya. Memang, kini Sang Nabi telah diselamatkan oleh Allah dari bahaya banjir besar.

Tetapi kendala lain sudah menanti. Sebab banjir tersebut hampir menenggelamkan seluruh daratan di muka bumi. Bahtera Nabi Nuh pun terombang-ambing tanpa arah dan tujuan.

Nabi Nuh khawatir, di belahan bumi yang mana mereka nanti berlabuh? Bagaimana jika mendarat di padang gersang nan tandus? Atau bukan tidak mungkin kandas di kutub yang dingin mematikan?

Meski demikian, Allah Maha Mengetahui kecemasan kekasih-Nya tersebut. Maka Allah mewahyukan kepada Nabi Nuh, sebuah doa agar mendapatkan tempat tinggal yang terbaik setelah huru-hara banjir ini selesai. Doa itu tercantum dalam surat Al-Mukminun ayat 29.

وَقُلْ رَبِّ أَنْزِلْنِي مُنْزَلًا مُبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِينَ

Dan berdoalah, "Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat."

Apakah kalimat doa yang datang dari Allah langsung seperti ini? Tunggu dulu, rupanya kalimat doa ini adalah kalimat kedua. Jika kita perhatikan ayat sebelumnya, Allah mengajarkan Sang Nabi untuk pertama kali bersyukur dahulu atas ujian sebelumnya yang telah berlalu,

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنْتَ وَمَنْ مَعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah, "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim."

Sebelum Nabi Nuh memiliki masalah dengan tempat berlabuh, bukankah Beliau lebih dulu bermasalah dengan kaumnya yang menghina dan menolak dakwahnya? Kemudian Allah menurunkan pertolongan dengan banjir yang lebat.

Inilah dia pelajaran istimewa dari Allah! Yaitu untuk mendahului doa kita dengan syukur terlebih dahulu. Seberapa gentingnya musibah kita, ingatlah masih banyak nikmat lain yang harus kita syukuri.

Oleh karena itu marilah kita terapkan pelajaran berharga ini. Bahwa sebelum kita meminta kepada Allah Yang Maha Mengabulkan, awali terlebih dulu permintaan itu dengan aneka syukur kita kepada Dia Yang Maha Memberi Nikmat.

Salam Hijrah.
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

Baca Juga Artikel Tentang Hijrah Rezeki Lainnya:



Order Hijrah Rezeki

Comments